Login

 

 
 

Peta GPS: Upload peta Navigasi.net via MapSource

 artikelforum

 

Penulis: Buyung Akram, Minggu, 06 September 2009 Telah dilihat: 58871x;

     Sehubungan dengan seringnya keluhan saat coba transfer peta navigasi.net melalui MapSource yang mengakibatkan peta tersebut tidak bisa tertransfer seluruhnya ke GPS device, maka saya coba memberikan panduan melalui artikel ini.

Secara umum peta Navigasi.net, terdiri dari 33 bagian yang mewakili jumlah propinsi di Indonesia. Idealnya tiap bagian dipisahkan kedalam 3 tipe peta yakni:

1.
Peta Topo
  62 + XX + 0050.img untuk nama file dan "["+XX+"-50]"+ Nama propinsi + "(Simple Topomap)" untuk nama peta.
     Peta topo hanya berisi polygon kontur yang mewakili ketinggian mulai dari 700 meter hingga lebih dari 4000 meter dimana setiap beda ketinggian diwakili oleh warna dan pattern yang berbeda. Anda cukup mengarahkan pointer keatas polygon topo tersebut (Gambar 1) untuk mengetahui deskripsi ketinggiannya. Khusus untuk propindi Bangka Belitung dan DKI Jakarta, tidak tersedia peta topo, dikarenakan didalam kedua propinsi tersebut tidak memiliki data ketinggian lebih dari 700 meter.

[navigasi.net] Peta GPS - Upload peta Navigasi.net via MapSource
Gambar 1: Perbedaan ketinggian dalam peta topografi dibedakan dalam bentuk gradasi warna dan pattern
2. Peta Dasar
  62 + XX + 0060.img untuk nama file dan "["+XX+"-60]"+ Nama propinsi + "(Basemap)" untuk nama peta
     Peta dasar, terdiri dari objek-objek peta seperti laut, danau besar, desa, kecamatan, kota, sungai-sungai utama, hutan, cagar alam dan/atau taman suaka margasatwa, pulau, gunung dan pantai/teluk/semenanjung.
3. Peta Jalan
  62 + XX + 0070.img untuk nama file dan "[" + XX +"-70]"+ Nama propinsi + "(Streetmap)" untuk nama peta
     Peta jalan, terdiri dari objek peta tipe polyline (misal: jalan, rel kereta api, sungai-sungai kecil), point (misal: sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan) dan polygon (misal: lapangan golf, taman, area parkir). Peta jalan ini mengandung mengandung informasi yang dibutuhkan dalam fitur autorouting. Jika peta yang anda transfer ke perangkat GPS tidak mengandung peta tipe ini, maka dipastikan peta anda tidak akan bisa autorouting dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Dimana kode XX, mewakili kode tiap propinsi yakni:

Kode
 Nama Propinsi  
Kode
 Nama Propinsi  
Kode
 Nama Propinsi
11
 Nangroe Aceh Darussalam  
32
 Jawa Barat  
64
 Kalimantan Timur
12
 Sumatera Utara  
33
 Jawa Tengah  
71
 Sulawesi Utara
13
 Sumatera Barat  
34
 Daerah Istimewa Yogyakarta  
72
 Sulawesi Tengah
14
 Riau  
35
 Jawa Timur  
73
 Sulawesi Selatan
15
 Jambi  
36
 Banten  
74
 Sulawesi Tenggara
16
 Sumatera Selatan  
51
 Bali  
75
 Gorontalo
17
 Bengkulu  
52
 Nusa Tenggara Barat  
76
 Sulawesi Barat
18
 Lampung  
53
 Nusa Tenggara Timur  
81
 Maluku
19
 Bangka Belitung  
61
 Kalimantan Barat  
82
 Maluku Utara
21
 Kepulauan Riau  
62
 Kalimantan Tengah  
91
 Irian Jaya
31
 DKI Jakarta  
63
 Kalimantan Selatan  
92
 Papua


[navigasi.net] Peta GPS - Upload peta Navigasi.net via MapSource
Gambar 2: Aktifkan pilihan untuk instalasi aplikasi MapSource
Sebagai langkah awal, anda tentunya harus memiliki aplikasi MapSorce terlebih dahulu. Silahkan baca link berikut , bagi yang belum mempunyai aplikasi MapSource di komputernya. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah download peta edisi terbaru navigasi.net melalui menu: Peta->Download . Saat menjalankan aplikasi tersebut pastikan pilihan "Install map for MapSource application" telah terpilih (Gambar 2).Proses ini akan menginstall file-file yang diperlukan oleh aplikasi MapSource ke folder yang telah anda tentukan. Versi installer terakhir pada saat artikel ini ditulis akan menghasilkan 117 file pada folder tersebut.

Terdapat tiga buah file berekstensi BAT yang bila anda jalankan (double click) saat aplikasi MapSource tidak aktif, akan menjadikan aplikasi tersebut menampilkan model peta navigasi.net yang berbeda-beda. Terdapat tiga mode yakni, Custom All, Basic Road dan Basic All, silahkan anda jalankan masing-masing file BAT tersebut dan lihat hasilnya (beserta perbedaanya) saat aplikasi MapSource dijalankan.

Selanjutkan, perhatikan screencam yang ditampilkan pada Gambar 3, untuk memperjelas proses instalasi peta navigasi.net keperangkat GPS yang anda miliki. Screencam ini bertujuan untuk memperlihatkan proses pemilihan peta secara keseluruhan, bukan melalui proses click satu persatu peta yang ada, yang bisa menjadikan peta navigasi.net tidak dapat tertransfer seluruhnya ke perangkat GPS anda.


[navigasi.net] Peta GPS - Upload peta Navigasi.net via MapSource
Gambar 3: Proses transfer peta navigasi.net secara keseluruhan via aplikasi MapSource


[navigasi.net] Peta GPS - Upload peta Navigasi.net via MapSource
Gambar 4: Hapus semua peta yang mengandung kode "-50]" (blok berwarna
hijau) pada bagian namanya jika anda tidak ingin menyertakan peta topo ter-
upload ke perangkat GPS anda
Jika anda hanya menginginkan sebagian peta saja yang di upload keperangkat GPS, lakukan proses pemilihan seluruh peta terlebih dahulu kemudian dilanjutkan menghapus satu demi satu objek peta yang tidak diinginkan. Sebagai contoh: jika anda ingin hanya menginstall Basic Map dan Street Map saja tanpa Topo Map, pilih dulu semua peta dan hapus nama peta yang mengandung kode "-50]", seperti yang diperlihatkan pada Gambar 4. Jangan lupa untuk mengaktifkan "route calculation data" (Gambar 5.), agar peta yang anda transfer nantinya bisa memanfaatkan fitur autorouting yang ada di perangkat GPS anda.


[navigasi.net] Peta GPS - Upload peta Navigasi.net via MapSource
Gambar 5: Pastikan route calculation data telah diaktifkan saat transfer ke perangkat GPS

Semoga penjelasan singkat ini mampu memperjelas sebagian pengguna awam perangkat GPS saat hendak menggunakan peta GPS gratis wilayah indonesia yang ada disitus ini, navigasi.net :)

navigasi.net 2003 - 2014