Login

 

 
 

Artikel: Lain-lain - Ketep Pass

 

 artikelgalerilokasiforum

 


[navigasi.net] Lain-lain - Ketep Pass
Memandang Puncak Merapi

Telah dilihat: 6844x

Penulis

:

  AMGD

Referensi

:

-

 

Lokasi

:

Ketep;Sawangan;Magelang

Koordinat GPS

:

S7.494700 - E110.381320

Ketinggian

:

1165 m

Fotografer

:

AMGD

 

 

 

 

 

Tanggapan: 1 

 

 

Galeri: 3 

 



[navigasi.net] Lain-lain - Ketep Pass
Tugu Peresmian Ketep Pass
Pagi itu, Rusyan ( 24 ) salah satu petugas Ketep Pass mengatur satu persatu mobil yang mau masuk ketempat wisata tersebut. Walaupun tampak raut wajah yang kepanasan namun suaranya tetap keras dan terdengar bersemangat membantu setiap mobil yang akan parkir dan mempersilahkan tamu yang datang untuk masuk ke dalam.

Suasana lebaran biasanya dilewatkan bersama dengan keluarga besar. Namun demikian tidak dengan Rusyan yang terus bertugas di Ketep Pass. Bahkan dia mengatakan,” Ketika musim-musim liburan, termasuk lebaran, biasanya pengunjung yang datang bisa dua kali lipat dari hari biasa bahkan bisa lebih, untuk itu kita semua disini harus bertugas. Lumayan, ada tambahan penghasilan, “ kata Rusyan sambil tersenyum. Benar saja, walaupun saat itu jarum jam baru menunjukkan pukul delapan pagi, sudah ada sepuluh mobil parkir di shelter Ketep Pass.

Ketep Pass atau Bukit Ketep, terletak pada ketinggian 1200 meter dpl ( di atas permukaan air laut ). Luas areanya kurang lebih 8000 meter persegi. Dapat ditempuh dari Desa Blabak ke arah timur, 30 km dari Kota Magelang dan 35 km dari Kota Boyolali. Dari Kota Salatiga yang berjarak sekitar 32 km, dapat dicapai melalui Kopeng dan Desa Kaponan. Kami sendiri mengambil arah dari Magelang ( Blabak ), dimana seluruh jalan yang kami lalui dari Blabak sampai Ketep Pass mulus dan bisa memacu kendaraan antara 60 – 70 km / jam. Setelah memasuki desa Blabak, kita banyak melewati persawahan penduduk yang terlihat rapi, bersih dan enak dipandang mata.

Atas prakarsa Gubernur Jawa Tengah H.Mardiyanto, dipilihlah tanah berbukit ini untuk dikembangkan sebagai tempat tujuan wisata baru di jalur Solo – Selo – Borobudur dengan ciri khas wisata kegunungapian. Ketika diresmikan oleh Presiden RI Megawati waktu itu, pada tanggal 17 Oktober 2002 baru dibangun dua gardu pandang dan pelataran. Dengan keunggulan panorama yang atraktif Gunung Merapi – Merbabu, hamparan teras-teras tanah pertanian serta kesejukan udara Ketep Pass semakin menambah ramainya pengunjung baik di hari biasa maupun di hari libur.


[navigasi.net] Lain-lain - Ketep Pass
Ketep Volcano Theatre

Pagi itu memang cuaca sangat cerah, sehingga kami bisa melihat Puncak Merapi dengan jelas dari gardu pandang Ketep. Selain itu, kita bisa mengetahui seluk beluk merapi dengan masuk Volcano Theatre hanya dengan tambahan biaya lima rupiah per orang. Volcano Theatre baru dibangun awal 2003 yang menyajikan film tentang Merapi dengan berbagai aktifitas vulkaniknya. Fasilitas baru ini makin memperkuat ciri Ketep Pass sebagai tempat wisata kegunungapian. Memasuki bangunan seluas 550 meter persegi ini, seperti memasuki ruangan bioskop, karena memang bentuknya ditata seperti itu. Film yang diputar dimulai informasi umum tentang gunung berapi yang tersaji dalam bentuk gambar, foto dan peta dalam format besar, selanjutnya pengunjung diajak menggali dan menikmati berbagai koleksi gunung berapi melalui perangkat multi media.

Contoh batuan yang dilengkapi dengan informasi teknis menjadi sajian berikutnya. Panorama Merapi dalam berbagai tampilan akan mengantar pengunjung pada sajian utama yaitu miniatur Merapi dalam ukuran cukup besar. Secara umum informasi tentang Merapi dapat kita peroleh secara relatif lengkap dari dulu hingga sekarang. Di bagian paling atas Ketep Pass ada Pelataran Panca Arga, dari sini kalau cuaca cerah kita dapat menikmati lima puncak gunung, yaitu G.Merapi, G.Merbabu, G.Sindoro, G.Sumbing dan G.Slamet. Selain itu akan tampak gunung-gunung kecil lain seperti Telomoyo, Andong, Dataran Tinggi Dieng serta perbukitan Menoreh.

Setelah berkeliling Ketep Pass, kita bisa menikmati asyiknya makan jagung bakar dan gorengan yang berjejer di seberang Ketep Pass. Dengan hawa yang sejuk, angin sepoi-sepoi dan panorama khas pegunungan memang memberikan nuansa yang berbeda. Bukit Ketep kini telah menjadi tempat tujuan wisata yang menarik dengan cirri khas sajiannya yaitu kegunungapian. Atraksi wisata yang tidak hanya bersifat rekreatif tetapi sarat dengan kandungan pendidikan yang tersaji secara atraktif. ( By AMGD )

navigasi.net 2003 - 2018